Pendiri

Adiwarman A. Karim
Founding Partner
Mirza A. Karim
Partner

Adiwarman A. KarimAdiwarman Azwar Karim merupakan ikon ekonomi dan keuangan syariah. Ia memperoleh pendidikan formal dari Institut Pertanian Bogor (Ir.), Universitas Indonesia (S.E.), European University Belgium (M.B.A.) dan Boston University, Amerika Serikat (M.A.E.P). Kemudian ditugaskan sebagai Research Associate di Oxford Center Islamic Studies United Kingdom.

Sebelumnya, ia pernah berada dalam jajaran manajemen Bank Muamalat Indonesia. Ia juga merupakan penulis lima buku best seller ekonomi Islam, yaitu Bank Islam: Analisis Fikih dan Keuangan, Ekonomi Mikro Islami, Ekonomi Makro Islami, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Ekonomi Islam: Suatu Kajian Ekonomi Kontemporer. Ia juga menulis lebih dari 70 tulisan tentang ekonomi Islam yang disajikan dalam berbagai forum nasional dan internasional seperti Konferensi Ekonomi Islam International ke-3, ke-4, dan ke-5 yang disponsori oleh Islamic Development Bank (IDB) dan Konferensi Tahunan International Western Economics Association yang ke-76.

Ia dipercaya menjadi Wakil Ketua Badan Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional MUI (2015-2020), anggota dari International Islamic Financial Market (IIFM) Sharia Advisory Panel (Januari 2011-2012), Wakil Komite Tetap Keuangan Syariah Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dan Dewan Pengawas Syariah pada beberapa lembaga keuangan syariah seperti Asuransi Great Eastern Syariah (2002-2012), Asuransi Prudential Life (2007-2012), Bank Danamon Syariah (2002-Rapat Pemegang Saham 29 April 2010), HSBC Amanah Syariah Indonesia (2003-31 Maret 2008), BNP Paribas Investment Partners (dahulu Fortis Investments) (2007-29 Februari 2012) dan perusahaan UFO-Multi Level Marketing.

MirzaA.KarimMirza A. Karim meraih gelar pendidikannya dari Fakultas Hukum Universitas Indonesia (S.H.) dan American University dalam bidang International Business Transaction (LL.M.). Ia juga mengikuti pendidikan konsultan hukum pasar modal di Lembaga Manajemen Keuangan dan Akuntansi. Pada tahun 2005 ia mengikuti Entry Course of The Chartered Institute of Arbitrators dan dua tahun kemudian mengikuti ujian di Pusat Mediasi Nasional dengan predikat lulus.

Sebelumnya, ia pernah berkarir di Caltex Pacific Indonesia selama dua belas tahun dengan jabatan terakhir sebagai staf senior bagian hukum. Sejak tahun 2000 ia melanjutkan di Karim Sani Law Firm dan empat tahun kemudian melanjutkan di perusahaan yang juga dia pimpin di KarimSyah Law Firm sampai sekarang.

Mirza Karim memiliki keahlian di bidang Legal Audit, seperti pra-IPO, restrukturisasi hutang, permodalan, dan kepemilikan holding. Ia juga menekuni kajian lembaga keuangan syariah dan korporasi, termasuk penerbitan sukuk, saham, dan penanaman modal.