Kemenangan Besar Industri Syariah

Mahasiswa Pecinta Musala (MPM) AL IQRA Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako menggelar seminar nasional ekonomi syariah dengan mengangkat tema membumikan sistem ekonomi syariah dalam memajukan ekonomi Sulawesi Tengah, di Aula Wisma Donggala, Sabtu (18/1). Salah satu praktisi dan akademisi ekonomi syariah Indonesia, Adiwarman Azwar Karim dalam materinya menyampaikan bahwa ada empat tipe konsumen muslim dalam merespon produk syariah yaitu, Rationalist, Universalist, Apathis, dan Conformist.

Rationalist yaitu perlakuan seseorang harus sesuai dengan rasionalnya, jadi mesti butuh penjelasan dari orang yang paham terkait dengan hal itu tanpa kesan menggurui. Universalist yaitu perlakuan transparan atau terbuka dalaam menerima produk syariah. Apathist yaitu hanya ketika melihat aspek kemurahannya. Sementara conformist yaitu mesti berdasarkan label dari Majelis Ulama Indonesia,” jelasnya.

Lebih lanjut Adiwarman menyampaikan bahwa terdapat kemenangan besar dalam memilih ekonomi syariah dalam praktek kehidupan. “Perbankan syariah kemenangan besarnya yaitu standar penetapan margin yang wajar dan adil bagi kedua belah pihak. Asuransi syariah yaitu sharing risk dan transparansi dalam pembagian hak perusahaan dan peserta. Multifinance syariah yaitu pemanfaatan uang dan barang yang sesuai dengan tujuan. Saham syariah yaitu core instrument yang maslahat dan mekanisme perdagangan yang wajar. Sementara obligasi syariah (sukuk) yaitu keberadaan underlying assets dalam setiap penerbitan obligasi,” ungkapnya.

Pada acara seminar tersebut selain menghadirkan pemateri nasional juga menghadirkan pemateri lokal seperti perwakilan Bank Muamalat dan Pegadaian Syariah di Kota Palu. Seminar nasional tersebut dibuka oleh Rektor Universitas Tadulako yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Untad, Asmadi Weri, S.H, M.H. Kegiatan tersebut berlangsung sehari dan dihadiri ratusan peserta yang berasal dari praktisi, akademisi, dan mahasiswa. (SultengPost)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *